Tuesday 22 November 2011

Service HP Mati Total (MATOT) karena Air; Mudah + Murah !!!

Air adalah musuh bagi peralatan elektronik. Air termasuk dalam salah satu jenis konduktor yang baik. Air akan mangakibatkan hubung singkat (konslet) pada jalur / komponen elektronik saat peralatan tersebut dalam keadaan ON. Hal ini juga berlaku pada HP, banyak orang yang HP-nya mati total karena terkena air. Mungkin karena kehujanan, tidak sengaja tersiram air, tidak sengaja ikut tercuci / masuk mesin cuci seperti yang dialami teman Saya atau seperti yang Saya alami sendiri yaitu HP kesayangan Saya yang tidak sengaja tercelup ember berisi cat saat memasang stan pameran, he. . . parah kan?!
Dalam postingan kali ini Saya ingin berbagi tentang cara service HP yang mati total karena terkena air. Postingan ini saya tulis berdasar pengalaman langsung bukan cuma teori atau copy-paste dari web lain. Semoga postingan ini bermanfaat . . .
Silahkan disimak tips dari Saya:

  • Saat HP baru saja terkena air, apabila masih ON maka segera OFF-kan HP Anda. Apabila sudah OFF setelah terkena air, jangan buru-buru meng-ON-kan HP tersebut agar tidak terjadi konsleting pada jalur/komponen HP.
  • Pastikan HP benar-benar kering luar dalam, HP bisa dijemur atau dikeringkan menggunakan blower / hairdryer.
  • Coba ON-kan HP Anda.
  • Apabila HP Anda belum bisa ON, Saatnya beraksi ala tukang service HP.
  • Siapkan Obeng HP, kuas/kapas/tissue, dan Thiner/cairan IPA.
  • Bongkar HP Anda, cara pembongkaran tergantung jenis/type HP. Berhati-hati lah saat melakukan pembongkaran, jangan sampai merusah chasing atau komponen dalam HP.
  • Bersihkan PCB HP menggunakan cairan Thiner / cairan IPA.
  • Agar cairan merata ke seluruh bagian HP, oleskan cairan menggunakan kuas/kapas/tissue atau tiup-tiup ke seluruh bagian PCB HP.
  • Tunggu sampai cairan Thiner kering.
  • Pasang PCB HP pada chassingnya.
  • Silahkan dicoba


Pengalaman Saya, lebih dari 6 HP dengan kasus mati karena terkena air bisa hidup kembali dengan cara ini. Sangat mudah Bukan!? Smoga Bermanfaat… 

22 comments:

klo bkan kna air gmn??? misalnya awalnya shotnya, bisa tolong jelasin????

thinner yang dimaksud..thinner kaya buat cat itu juga bisa atau ndak?atau ada thinner kusus

tiner yg dipake tiner biasa..
yg biasa buat cat..
pake cairan alkohol jg bsa...

kalo boleh tau kenapa cairan tiner bisa untuk memperbaiki ya?
hp saya pernah kecemplung kopi, apakah jg masih bisa?
thanks for answer :)

Stau Ane bgini:
klo air mengenai perangkat elektronik tu bisa mengakibatkan short (hubung singkat), mungkin karena mengakibatkan korosi pada PCB.
So... dengan tiner korosi atau kotoran yang diakibatkan oleh air dapat bersih kembali...

saya cuci pake rinso aja selalu selesai kok kang short nya. lebih murah dari pada tiner.

wah... bisa nggak laku lagi ntar gue service hp gan... wkwkwwkwk
Becanda aje gan......

pake mama lemon biar wangi dan lebih higienis HPnya

mama Lemon?!

weleh2,...
nanti dimarahi Umakku...

Mantap gan,ane pake alkohol langsung hidup lagi.thanks

Asal jangan diminum aja Gan sisa Alkoholnya....

kalo hp nya kecemplung air awal bulan kmarin trus udah di service ke 2 toko dan mreka juga ga bisa hidupin. kira2 pke cara nih masih bisa ga ya?

Coba dulu aja Gan, gak ada salahnya dicoba...
sapa tau berhasil....

kalau boleh tau anda buka servis dimana?kebetulan hp saya lumia 800 mati gara2 kehujanan waktu naik motor.
thanks

Haha, kebetulan blum punya konter atau buka service-an Gan,..
Ane cuma orang awan yang sok tau, trus coba2... eh berhasil, berhasil, berhasil....

gan kalo hape layar sentuh gimana gan

cerita yg menarik dan bikin perut bergoyang

Hape ane kecebur... Dah ane keringin dan ane pendem di beras... Tapi tetep ga mau nyala... Mau ga mau harus ane bawa nih kayaknya ke sc... Ada yg tau harga servicenya buat patokan ???

Post a Comment