Saturday 5 November 2011

Profil Singkat Jurusan Mekatronika SMK N 3 Sekayu

VISI:
Menjadikan Lulusan Mekatronika SMK Negeri 3 Sekayu yang Siap Kerja, Cerdas, dan Kompetitif

MISI:
- Menyelenggarakan PElatihan dan Pendidikan bagi Peserta Didik Mekatronika yang  Berbasis Iman dan Taqwa.
- Menyelenggarakan Pendidikan Berbasis ICT.
- Menyelenggarakan Pembelajaran Berbasis Kebutuhan DU/DI.
- Membekali Peserta Didik dengan Softskill dan Wawasan Enterpreneur.
- Membekali Peserta Didik dengan Pengetahuan K3.
- Menjadikan Lulusan Mekatronika yang Mandiri.

TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA:
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam:
- Mengoperasikan dan menginstal sistem kontrol Pneumatic dan Electro-Pneumatic, Hydrolic dan Electro-Hydrolic serta PLC-Pneumatic.
- Merawat dan memperbaiki sistem kontrol Pneumatic dan Electro-Pneumatic, Hydrolic dan Electro-Hydrolic serta PLC-Pneumatic.
- Memelihara dan memperbaiki sistem robotik dan CNC.  

Berdiri sejak tahun 2010, SMK Negeri 3 Sekayu merupakan satu-satunya sekolah di kabupaten Musi Banyuasin - Sumatera Selatan yang memiliki Kompetensi Keahlian (jurusan) Mekatronika. Berdasarkan SK/KD Nasional Jurusan Mekatronika merupakan bagian dari Program Diklat (Prodi) Elektronika. Jurusan Mekatronika merupakan jurusan yang mempelajari disiplin ilmu Elektronika, Informatika dan Mekanika (Mesin). Jurusan Mekatronika di SMK akan fokus mempelajari tentang Hidrolic-Pneumatic, Pemrograman, PLC, dan instalasi Listrik.
Saat ini (2011) jurusan Mekatronika SMK Negeri 3 Sekayu memiliki 1 rombongan belajar untuk setiap angkatan. Kelas X Makatronika terdapat 27 siswa sedangkan kelas XI terdapat 31 siswa. Dari 2 kali periode penerimaan siswa baru, jurusan Mekatronika menjadi jurusan yang paling difavoritkan dari 4 Jurusan yang ada di SMK 3 Sekayu. Hal ini ditunjukkan dari peminat yang mendaftar jurusan ini paling banyak dibanding dengan jurusan lain. Selain itu nilai rata-rata siswa yang diterima juga lebih tinggi dibanding jurusan lain.
Siswa-siswi Mekatronika X

Siswa-siswi Mekatronika XI

Dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) saat ini Jurusan Mekatronika SMK N 3 Sekayu baru memiliki 2 orang guru produktif yaitu Arip Wahyudi, S.Pd.T (penulis) dan Widodo Rachmadi, S.Pd.T. Keduanya merupakan alumni Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mengampu 2 kelas (X dan XI) masing-masing guru memiliki beban mengajar 20 jam setian minggunya. Kelancaran KBM juga didukung tenaga kependidikan bernama Chairul Akbar sebagai Toolman yang siap membantu Guru dan Siswa dalam melaksanakan praktikum.

Proses KBM di jurusan Mekatronika didukung saranan yang memadai. Memiliki 2 ruang bengkel, kantor guru, ruang toolman sekaligus ruang alat dan bahan, trainer dan media pembelajaran, buku pegangan siswa , modul pembelajaran dan lembar kerja siswa (joobsheet).

Praktikum Instalasi Listrik

Penggunaan Media Pembelajaran dalam KBM

Trainer Pneumatic

 Praktikum Pemrograman Microcontroller

Jurusan mekatonika juga memeliki beberapa program yang berkaitan dengan kegiatan siswa, baik yang berkaitan langsung dengan akademik maupun non akademik. Program yang berkaitan dengan akademik seperti; program Maintenance & Repair (MR) instalasi listrik dan peralatan elektronik sekolah, Program perbaikan lampu bekas, dan program hasil karya siswa dimana disetiap akhir semester atau akhir tahun pembeljaran siswa membuat karya yang merupakan penerapan dari ilmu yang telah dipelajari. Sedangkan program yang tidak berkaitan dengan akademik antara lain program penanaman tanaman obat (TOGA) dan kebun sayuran, pengelolaan blog jurusan mekatronika yang melibatkan siswa, forum/group pada jejarin sosial facebook, klub sepakbola/futsal, dan sebagainya.





Demikian sekilas profil Kompetensi Keahlian Mekatronika, Program Diklat Elektronika, SMK Negeri 3 Sekayu, Kab. Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Doa dan dukungan semua pihak sangatlah diharapkan demi kemajuan Jurusan Mekatronika. Semoga Semakin Baik dari hari kehari.  

8 comments:

lambangnya siapa yang bikin bung?

kayaknya lambangnya pernah lihat di batam ... ???

wee itu lambang jurusan gua ..

bisanya copy doang kaga bayar..
ngopi di warteg aja tiga rebu loh..

sama tu lambang MK SMKN1 batam gua jink plagiat lo!!

dah Ane Ganti Gan Logo Jurusan Kami, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ane Guru Baru, tau2 dah ada tu LOGO...

Salam pak arif..apakah bisa saya minta alamat emailnya karna ada berberapa yang mau saya tanyakan...trims..

Post a Comment