Sunday 20 November 2011

Kalkulator Resistor: software penghitung nilai resistor

Masih kesulitan menghitung nilai resistor berdasar gelang warna?! memang bukan hal sepele menghitung resistor berdasar gelang warna, apalagi kalau jarang mempraktekkannya. Bagi yang sudah terbiasa memang hal mudah, tapi tidak ada salahnya yang mudah pun dipastikan lagi. Seperti pedagang di pasar yang akan sangat mudah menghitung sejumlah uang, tapi untuk memastikan biasanya pedagang pun tetap menggunakan kalkulator. Kalau salah hitung kan bisa rugi pedagannya...
Nah.., bagi para praktisi atau akademisi elektronika pun ada kalanya memerlukan alat penghitung nilai resistor. Namanya juga manusia, ada kalanya salah dan lupa. 
Berikut adalah sebuah aplikasi grarisan yang saya dapat dari blog tetangga, silahkan di download. Cara penggunaanya juga sangat mudah. Namun dalam aplikasi ini masih ada beberapa kekurangan:
  • Hanya dapat menghitung nilai resistor dengan 4 gelang warna.
  • Pada gelang ke-4 (untuk nilai toleransi) hanya terdapat 3 pilihan warna; Emas(5%), Perak (10%), dan tanpa warna (20%). Seharusnya terdapat: cokelat (1%) , merah (2%), hijau (0,5 %), biru (0,25%), Emas(5%), Perak (10%), dan tanpa warna (20%)  
Semoga dilain kesempatan Saya dapat memberikan link download aplikasi penghitung nilai resistor yang lebih baik.

sumber:

Link:

2 comments:

Artikel yang bagus dan bermanfaaat .

Semoga selalu bermanfaat, salam kenal dari kami Keluarga SMK 3 Sekayu buat keluarga besar SMK N Sekayu

Post a Comment