Thursday, 1 December 2011

Membuat Sendiri Media Pembelajaran Multimeter - free download desain multimeter 70x100cm

Posting ini boleh dibaca siapa saja, tidak hanya guru, staf pengajar, penggemar mekatronika / elektronik / listrik atau mahasiswa teknik saja. Ilmu untuk siapa saja, mungkin setelah membaca posting ini Anda terinspirasi membuat sebuah media sejenis, (semoga).
Multimeter adalah sebuah alat ukur listrik yang sangat populer. Multimeter berfungsi untuk mengukur besaran-besaran listrik. Multimeter juga sering disebut dengan AVO-meter karena Multimeter mampu mengukur arus (A), mengukur tegangan (V), dan mengukur tahanan/resistansi (Ohm).
Terdapat 2 jenis multimeter, yaitu multimeter analog dan multimeter digital. Multimeter Analog adalah multimeter yang hasil pembacaannya ditunjukkan melalui jarum yang digerakkan oleh kumparan putar untuk menunjuk angka pada papan skala. Sedangkan multimeter analog adalah multimeter yang hasil pembacaannya ditunjukkan melalui angka yang ditampilkan pada layar display (7-segmen atau LCD).
 
Multimeter Digital (kiri) dan Multimeter Analog (kanan)

Bagi sebagian orang mempelajari pembacaan hasil pengukuran multimeter analog adalah hal yang sulit. Kesulitan biasanya terjadi karena pembacaan papan skala yang dianggap rumit dan harus memperhatikan batas ukur yang digunakan. Oleh karena hal tersebut biasanya guru atau staf pengajar membuat media pembelajaran multimeter dalam ukuran yang besar. 
Begitu juga yang Saya lakukan terhadap peserta didik saya di Program Keahlian Mekatronika SMK N 3 Sekayu, Saya membuat media pembelajaran multimeter dengan ukuran yang cukup besar (70x100cm). penggunaan media ini sangatlah membantu dalam pelaksanaan KBM. Dengan ukuran yang cukup besar peserta didik lebih mudah memahami cara membaca nilai hasil pengukuran multimeter analog.
Multimeter Raksasa

New Desain Multimeter (70x100cm)

alat dan bahan

Untuk membuat media pembelajaran multimeter seperti yang Saya buat dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut :
Alat  :
  • Komputer / laptop yang dilengkapi dengan software Corel Draw.
  • Printer
  • Gergaji kayu
  • Martil / palu
  • Gunting / cutter
  • Staples

Bahan :
  • Kertas A4 16 lembar
  • Papan tripleks ukuran 70x100cm
  • Kayu untuk rangka
  • Plastik bening ukuran 120x100cm
  • Kawat diameter 1-2 mm, panjang 50cm
  • Mur-baut 10mm 2 pasang
  • Lakban
  • Paku tripleks
  • Lem kayu    


Berikut adalah proses pembuatan Media Pembelajaran Multimeter:
  1. Silahkan download desain media pembelajaran multimeter yang sudah saya buat. File tersebut berupa file untuk corel draw. Untuk penyesuaian silahkan edit sesuai kebutuhan Anda, misalnya penyesuaian ukuran, penambahan logo sekolah, mengubah batas ukur atau yang lainnya. File tersebut lebih baik dan detait (new desain) dari yang sudah saya realisasikan sebagai media pembelajaran.
  2. Buatlah kerangka dari multimeter yang akan Anda buat. Ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan yang Anda miliki. Kerangka dibuat dari kayu kecil seperti kayu list untuk poster, kemudian pasanglah papan tripleks pada kerangka tersebut.
  3. Cetak desain yang telah Anda miliki. Anda bisa mencetak file tersebut pada bahan outdoor printing, untuk ukuran tersebut ongkos cetak sekitar Rp 18.000 s/d Rp 30.000,- tergantung kualitas bahan (harga Jogjakarta tahun 2011). Apabila Anda memiliki printer dan mau sedikit repot, Anda dapat mencetak file (70x100cm) tersebut dalam kertas A4 (21x29cm). Caranya adalah buka file tersebut melalui software corel, FILE - PRINT PREVIEW - PRINT TILED PAGES - PRINT. Dengan cara tersebut file yang besar tersebut akan diprint seperti puzzle pada kertas A4. Anda dapat menyatukannya menjadi multimeter dengan ukuran besar tersebut. Inilah cara yang saya pakai untuk membuat media tersebut, murah dan kebetulan punya printer.  
  4. Tempelkan hasil cetakan pada kerangka yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian lapisi dengan plastik bening seperti ketika kita membingkai poster. Agar plastik dapat menempel dengan baik gunakan staples dan lakban.
  5. Buatlah lingkaran dari tripleks dengan diameter 30cm untuk knop batas ukur (saklar jangkauan) dan lingkaran diameter 7,5cm untuk knop Zero Ohm adjustmen. Berikan tanda titik atau arah panah pada lingkaran saklar jangkauan.
  6. Pasanglah lingkaran-lingkaran tersebut pada papan multimeter menggunakan baut.
  7. Pasang kawat sebagai jarum penunjuk pada tempatnya.
  8. Multimeter raksasa siap digunakan.
  9. Sebagai pelengkap, kita bisa membuat penyangga umtuk tempat meletakkan multimeter.  

Kerangka Multimeter dari papan tripleks dan kayu

Mencetak File ukuran besar dengan kertas kecil pada corel draw:
FILE - PRINT PREVIEW - PRINT TILED PAGES - PRINT

Bila diperhatikan secara detai akan terlihat sambungan kertas

Pemasangan saklat jangkauan

Pemasangan jarum penunjuk

Sebagai penyangga Saya gunakan tripod lukis

Tripod mudah dilipat

Demikian cara pembuatan Media Pembelajaran Multimeter versi saya. Semoga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membuat media pembelajaran. Kesempurnaan memang masih jauh dari karya saya ini, kritik dan saran dari Anda Saya sangat diharapkan.

Terimakasih,..

Link Download:

Reactions:

9 comments:

mas, boleh minta soft-file yg corel gak untuk yang jarum penunjuk, makasih, kalau boleh kirim ke email sya ya?

soalnya link download di ats tidak bisa..

insyaAllah sgera sya kirm + perbaiki linkny

link dah OK, silahkan di download, maaf baru sempat . . .

Mungkin siswa dikenalkan sama multimeter khusus,, seperti multimeter yang bisa buat ngukur arus (yang ujungnya kayak gunting)...
hehehhee

'Tang Ampere' maksudmu Nggih?!
Terimakasih sarannya...

Ide Bagus. sukses "Pak Guru"

Terimkasih Bro Yogi-Dedi,...

Wah, mantap juga nih kalau dibuat bisa nampak walau dari belakang.. heheh...

main juga ya di blog aku.. :)
Salam pendidikan..

Post a Comment