Sunday, 11 November 2012

Konversi Satuan dalam Besaran Listrik

Masih bingung kalo ditanya 1 Kilo Volt berapa Volt?!
Malu dong ya,....

Sini mari kita belajar...

Slama ini kita sering mendengar beberapa satuan seperti meter (m) trus ada kilometer(Km),
nah apa hubungannya antara meter dengan Kilometer?

Begini ceritanya,
setau saya setiap besaran di dunia memiliki satuan, masih inget kan satuan Sistem Internasional (SI) di SMP dulu. Panjang satuannya meter, Berat satuannya Kilogram, dan lain sebagainya, nich tabelnya...

Begitu juga dengan besaran-besaran listrik, pasti harus ada satuannya. Berikut tabelnya beberapa besaran listrik beserta satuannya.
Selanjutnya, setiap satuan tersebut masih dapat dikonversi ke satuan yang lebih besar atau yang lebih kecil. Setiap satuan yang lebih besar atau yang lebih kecil diawali dengan kata awalan satuan yang menyatakan besar/kecilnya diikuti satuan dasarnya. Tujuannya tentu untuk mempermudah dalam pemakaian sehari-hari. Gak enak kan menyebut 0,000001 volt, padahal sam dengan 1 mikrovolt.

Simak tabelnya,


Nah, satuan-satuan tersebutkalo mau diubah ke Satuan Dasar ya tinggal dikali sesuai tabel diatas. Sengaja cuma saya tuliskan sedikit, karena selama ini hanya satuan tersebut yang banyak digunakan.

Penggunaan tabel tersebut adalah dari satuan lebih besar atau lebih kecil menuju SATUAN DASAR.
mari simak aja contohnya Gan,..
1.  5 kilovolt = ........ volt
     sesuai tabel diatas, kilo menuju satuan dasar adalah dikali 10³ 
      maka
5 kilovolt  = 5 x 10³
                       = 5 x (10 x 10 x 10) 
                = 5 x 1000
                = 5000 volt
 
 2. 7000 miliFarad = ............ farad
     sesuai tabel diatas, mili menuju satuan dasar adalah dikali 10⁻³
      maka       
7000 miliFarad  = 7000 x 10⁻³
                                = 7000 / 10³ 
                          = 7000 / 1000
                          = 7 Farad
         
Sebenarnya begini, setiap satuan yang saya tulis diatas adalah kelipatan 10 pangkat 3. Setiap satuan naik satu tingkat maka dikali 10⁻³ atau dibagi dengan 1000. Kebalikannya setiap turun satu tingkat maka dikali dengan 10³ atau dikali dengan 1000. 
Kalau turun  lebih dari 1 step berarti setiap step pangkatnya dikali 3.
- turun 1 step = x 10³
- turun 2 step = x 10
- dan seterusnya

Kalau naiknya lebih dari satu prinsipnya juga sama,
- naik 1 step = x 10⁻³   
- naik 2 step = x 10⁻
- dan seterusnya
 
Contohnya Gan, silahkan disimak
1. 30 Ampere = ................. miliAmpere
    Silahkan simak tabel lagi, dari Satuan Dasar (Ampere) menuju mili (miliAmpere) turun 1 tingkat,
    jadi langsung dikali dengan 10³ atau dikali dengan 1000.
     30 Ampere = 30 x 10³
                          = 30 x 1000
                          = 30.000 miliAmpere 
 
2. 45.000 Kilo Ohm = ................. Mega Ohm
     simak tabel lagi Gan, dari Kilo menuju Mega naik 1 tingkat,
    jadi langsung dikali dengan 10⁻³ atau dibagi dengan 1000.
       45.000 Kilo Ohm = .................. Mega Ohm
                                   = 45.000 / 1000
                                   = 45 Mega Ohm

3. 10.000 mikroAmpere = ................ Ampere
     simak tabel lagi Gan, dari mikro (mikroAmpere) menuju satuan dasar (Ampere) naik 2 tingkat,
    jadi langsung dikali dengan 10⁻ atau dibagi dengan 1.000.000
       10.000 mikroAmpere = ................. Ampere
                                         = 100 x 10⁻
                                             = 10.000 / 1.000.000
                                             = 0,01 Ampere
    

Begitu Gan, 
Semoga Bermanfaat                

Reactions:

1 comments:

gan klo dari kohm ke ampere gimana ? kan beda satuan tuh .. tolong dong yah :D

Post a Comment