Rabu, 08 Agustus 2012

CARA MEMBUAT CHARGER HP (DARURAT) DI SEPEDA MOTOR = MURAH, MUDAH !

Cuma mau berbagi cara sederhana membuat Charger HP di sepeda motor. Cocok untuk yang sehari-hari beraktifitas dengan sepeda motor atau yang hoby Touring. Sangat sederhana, dengan biaya yang cukup murah. Bermodal Charger Bekas + IC Regulator Tegangan yang harganya berkisar Rp 2 ribuan.  

MEMPERSIAPKAN BAHAN
Siapkan Charger bekas sesuai spek HP yang kita miliki + uang 2 ribu rupiah (kalo belum naik harga, he..) untuk beli IC regulator  tegangan  seri 7805 + kabel isi 2 sekitar panjang 1 meter. Charger bekas hanya diambil kabel ke HPnya & Chasingnya saja. Pastikan kabel konector HP masih dalam keadaan baik. Gunakan Multimeter untuk melakukan pengetesan kabel tesebut.
  
sumber gambar IC 7805 = http://emfatah.blogspot.com



MEMPERSIAPKAN ALAT
Alat yang diperlukan antara lain
 - Obeng, 
 - Solder, 
 - Isolasi,  
 - Timah Patri (tenol).
 - Multimeter 

EKSEKUSI
1. Buka chasing HP 
    Keluarkan mesinnya, buang pada tempatnya...
2. Merangkai
Rangkai Seperti gambar berikut
  • Kaki 1 terhubung dengan positif Batere Aki sepea motor
  • kaki 2 terhubung dengan negatif Batere Aki sepeda motor dan kabel konektor HP yang negatif, gunakan multimeter untuk memastikanya. 
  • Kaki 3 terhubung dengan kabel konektor charger HP yang positif.
   Jangan lupa di isolasi ya sambungan kebel ke kaki IC-nya, biar gak konslet...


gambar rangkaian sudah jadi...

3. Lakukan pengujian
      kalau tidak ada kesalahan rangkaian atau kerusakan komponen, maka rangkaian tersebut sudah dapat   bekerja.

4. Tutup rangkaian dengan menggunakan Chasing Charger
Kasih pendingin juga bagus, untuk mengurangi panas pada IC.

5. Pasang Pada Sepeda Motor
Tempatkan charger yang sudah dibuat sesuai dengan type motornya, umumnya di pasang di dalam bagasi lebih bagus. Kebetulan motor yang saya pake Motor Type Sport, jadi agak kesuitan memasangnya. Kalau dimotor Bebek ato Matic Saay kira lebih mudah. Intinya tergantung selera lah nempatinnya.   

TIPS TAMBAHAN
 - Ditambah Saklar, lebih bagus
 - Dikasih LED sebagai indikator juga OKE
 - Kalo bisa dikasih sekring ya, buat pengaman. 1 Ampere cukup..

PRINSIP KERJA
IC 7805 merupakan keluarga IC regulator tegangan, yaitu IC yang berfungsi sebagai penstabil tegangan dengan nilai penstabilan tertentu. Apabila tegangan masukan (input) lebih besar dari nilai penstabilan IC maka keluaran (output) akan distabilkan sesuai dengan nilai penstabilan IC tersebut. Contoh IC penstabil tegangan yang lain adalah 7806, 7809, 7812, 7815 dan lain-lain.
Dua digit terakhir (angka 05 pada kode 7805) merupakan kode nilai tegangan penstabilan IC tersebut, yaitu 5 volt. Apabila tegangan input lebih besar dari 5 volt maka keluaran tegangan akan distabilkan menjadi 5 volt. Namun apabila  tegangan input < 5 Volt maka tegangan output = tegangan input.
Batere HP rata-rata berpolaritas 3,7 volt dengan kemampuan arus yang kecil. Batere HP dapat di charge dengan tegangan tegangan sedikit lebih besar dan arus harus lebih besar. Prinsip kerja charger HP dari motor ini mirip dengan charger USB dari laptop, yaitu penge-charge-an dengan tegangan 5 volt.
Sederhana sekali kan?!

Semoga Bermanfaat,

Reaksi:

105 komentar:

pasang secara seri di kabel Positif yg dari aki menuju IC Gan...

itu 7805 ngga panas gan, ntar kalo panas jd api trus kena bensin, motornya terbakar dong ya...

makanya Ane bilg bagusny d kasih pendingin Gan...
buat charger darurat jadilah...

simple dan sangat berguna dalam keadaan darurat ..

cara ini memang kreatif namun untuk hp yang di taruh di bagasi akan sangat rawan ledakan karena pengaruh sinyal ponsel terhadap bensin di motor

^_^ jangan2 sering pk ginian, krn aki motor cepat habis kalo diseri dengan alat yg tdk standar dari sononya ..peace

,resiko no .2 , kabel yg dari aki harus terpisah ,bukan dijadikan satu spt pada gbr ,krn ampere pada aki ckup besar untuk membuat kabel biasa meleleh kan isolatornya yg memisahkan kutub + dan -

mw lebih aman , gunakan hipo saja sbg external bat darurat

---------------
yg murah belum tentu aman !

Ini jawaban Ane soal panas yang akan terjadi pada IC 7805.
Walaupun sudah memakai pendingin, memang IC masih cukup panas karena memang bekerja pada arus yang cukup besar.
Saya pikir banyak cara untuk mengurangi panas yang ditimbulkan oleh IC regulator.
Salah satunya yaitu dengan menempelkan (dibaut) IC+pendingin pada chasis sepeda motor. Yang dihubungkan body belakangnya ya (ground), jangan kaki-kakinya nanti konslet...(kalo kaki no.2 / tengah sih gpp karena juga ground).

Tau keeprock?! (smoga gak salah tulis), tu lho yang semacam relay yang dibungkus pendingin alumunium trus ditempel pada chasis sepeda motor. Penempelan pada chasis ini menurut saya bukan tanpa tujuan. Karena menurut saya penempelan keeprock pada chasis dapat membantu proses pendinginan (oleh udara)karena memperluas permukaan area pendinginan. Mirip dengan prinsip pendinginan silinder/mesin sepeda motor yang gak pake radioator, coba perhatikan pasti ada sirip-siripnya... Gunanya ya untuk membantu proses pendinginan mesin...

ditambah jengkolan 2n3055 aja gan biar ici 7805 ga panas

begini emiktor dari 3055 masuk input ic 7805

Colektornya ke VCC (positif Aki) + Basis ke Ground kah?!

bener2 sangat simple gan,,,
cukup membantu,,,,

ane ngeddukung gan,,,

kalo ada yang ngitik2 itu,,, mungkin ak baca judulnya gan,,,,

jelas2 tertulis,,, " DARURAT"...

ya, pastilah,,, jangan digunakan saat berkendara,, resiko panas berlebih dan kebakaran,,,

yang bener, ya,, berenti dulu,,, charge diluar bagasi, jangan didalam,,
nah,, sambil nunggu,,, smooking DULU,,, BIAR nyantai,,,,,


ahaha.... betul G gan????

Betul Gan "The Galauers"...
Tengkyu Dukungannya . . .

maaf gan, minta tambahan penjelasan,...
gimana dampaknya terhadap baterai hp, apakah aman?
karena aruus aki motor sangat besar (ya kata nya gitu, karena saya belum begitu paham tentang sifat2 arus dan tegangan listrik), dan gimana kalau untuk penggunaan yang berulang?
terimakasih...

Bgini Mas "Anonim"...
kok ya Anonim to Mas,..!? mbok pake ID, kn jadi enak g nyebutnya , he...

1. Dampak terhadap Hp:
>> Sjauh ini Ane belum tau dampaknya gmna, karena Ane gunakan pada saat darurat saja.
2. Apakah aman? aki motor mempunyai arus besar!
>> Anda Benar, Aki motor memang memiliki kapasitas arus yang cukup besar. Menurut Ane bgini: kapasitas arus tersebut adalah kapasitas maksimum, namun tidak semua arus pada Aki akan mengalir ke Batere HP. Arus itu akan mengalir sebanding besar-kecilnya beban (hukum Ohm >> I=V/R).
3. Gmna kalo penggunaan berulang?
>> Ane belum tau Gan, belum meneliti. Mungkin perlu diteliti terlebih dahulu. Kapan2 lah Ane teliti,..

Terimakasih sudah berkunjung,..

iya, cukup dimengerti mas, walaupun masih banyak belum ngertinya,
maklum beginner, masih banyak yang perlu dipelajari...
terimakasih atas penjelasannya.

ditunggu postingan selanjutnya...

mantep banget bro, nice share. karena ane hobi touring juga, wajib bawa charger darurat kek gini nih. Sedikit masukan, biar ic AN 7805 gak gampang panas/walau udah pake heatsink sebaiknya juga ditambahin penguat ya semacam transistor TIP 41C. Trims.

Pemasangannya gmna Bro Rinaldi Satria, sebelum masuk ke input kah?
share juga dong...

bukan bro sesuai fungsinya sebagai penguat, pastinya transistor dipasang setelah IC. Output ic/kaki 3 masuk ke basis transitor, kaki 1/arus masuk dikopel ke colector, kemudian emitor sebagai output. Biar arus lebih bersih tambahkan elco 47 mikro farad/16 volt di bagian output. Begitu juga di bagian input/kaki 1 pake elco 47 mikro farad/25 volt. Biar stabil pada kaki 2 tambahkan dioda zener 1 watt/12 volt/hati2 jangan sampai terbalik antara anoda dan katodanya bos, sedangkan untuk kaki basis ditambahkan elco 10 mikro farad/16 volt. Sambungkan semua kaki negative elco dan katoda pada dioda ke ground. Bagusnya pake pcb biar rapi. Gak nyampe 10 rebo kok hehehe Selamat berkarya.

kapan2 dicoba, tengkyu Berat bro, terimakasih dah berbagi

Postingan bagus gan, ane mau coba buat ditaro di atas speedo sambil nyalain gps. Jadi rute jalan tau sama batere tetap full.

trimakasih dah mampir Bro Abdul, semoga bermanfaat

gan kalo arus outputnya 5v 330mA buat ngecas batrenya 3.7v 1320mA kira2 berapa lama tuh?

GMN KLO PAKE BATERAI AA BS G GAN???

Ide bagus , cuma terlalu simple, biar gak kuatir dan bisa dipakai sepanjang perjalanan rangkaian bisa dibuat dalakemasan berpendingin (mirip amplifier) dan diletakkan diplat Nomor depan motor, jadi selalu terkena angin, juga lebih aman karena jauh dari uap bensin, Arus input diambilkan dari kabel kontak agar tidak takut terlalu besar arusnya( padahal gak masalah karena besar arus kan tergantung nilai resistansi rangkaian), pilih kabel bermutu ( bisa diperoleh di toko otomotiv), biar lebih keren dibuatkan Port langsung di Dasboard motor kita.

waah....setau saya kalau rangkaiannya sesederhana itu...gk ad penambahan komponen lain sebagai pengaman...IC 7805 bekerja keras sehingga panas berlebihan dan terus mningkat panasnya......
kalau IC 7805 nya rusak....bs jebol tegangannya...bs dibayangkan tegangan 12 volt masuk ke HP anda...makin besar biaya yg harus dikeluarkan tuk mmperbaiki HP...hehehe

lagi pula...gelombang elektromagnetik yg dihasilkan HP...bs memicu percikan api bs dekat dgn bahan yg mudah terbakar...bs dibayangkan biayanya bila motor anda terbakar...
hanya gara" Rp.2000
hehehe

To Bro Azulluna=>> Namanya juga untuk darutat Gan, lagi mo diperbaiki dengan menambahkan Transistor Jengkolan biar kerja 7805 gak terlalu berat, biar lebih aman...

To Bro Budi=>> Good Idea Gan, pantas dicoba...

To Bro Budi Gede=>> Batere AA tu cuma 1,5V Bro, beberapa batere AA dirangkai seri + arusnya harus lebih besar mungkin bisa...

To Bro Danny Sitompul==> Belum pernah ngitung Gan, Maaf ye...

Hahaha,, alhamdulilah Mas,
aku pakek changer Laptop 18V. bisa mengecas HP jadi 5-6V an
Tapi aku ada tambahin Komponen Lain, ( dioda,Kapasitor, *Led/resistor 1K* )

Hmmm,, tapi kok Panas Banget ya! "Besi aluminium, nya/ trassistor"

haha..
"selamat Kamu berhasil" trus muncul maskot POPmie
===(ala iklan POPmie gtu)===

tapi pasti bakalan kerja keras bgt tu IC 7805nya,..
untuk darurat jadilah...

apakah cas darurat ini juga bisa untuk dipakai dengan aki mobil bro

bisa juga Mas Bro, ambil aj dari penyulut api di dasbord tu dah 12 volt

mas,gimna cara nambahin transistor jengkolannya...?

mas, gambar rangkaiannya gimana?
buat tugas

gunakan aza rangkaian power supply untuk amplifier, cuma ic diganti 7805

"Nick Name"mu manteb juga Gans, he....

Gan kalo ngecas sekaligus 2 hp bisa ga? Aman ga gan?

Belum pernah coba Gan, kayaknya kuat sih...

Mantap boz, ,

ceritanya aq gak tw apa nih,tp aq bangga dgn semua org2 pinter n kreatif yg ada di sini,jgn putus semangat boz,semua prmasalahn ada jalanx, truslh saling bermusyawaroh di blog ini smpe menemukan titik terang,hehe

moga indonesia semakin kreatif dan maju krn ulah kalian,

SEMANGAT ms bro Arif Verero.

Amin,
Trimakasih Bro Rohid Alhamdulillah,...

gan, setau ane, hp klo dicas pake aliran DC kyk aki gtu, klo di pake terus, batre hp cepet melendung sama batre aki cepet abis

Teorinya gimana tu Gan?!
Share sini dong biar pada tau,..

pakai aja IC LM2576HV-5.0 OUtputnya 5volt 3 ampere, pada input IC pasang aja dioda 3A sebagai pengganti sekering n aman walaupun sambil berkendara.
atau pakai 7805 jengkol.
pakai baterai 1,5volt bisa dengan rangkaian step-up,
mau ngecas tanpa kabel juga bisa,tapi siapkah anda terima radiasinya. he he

aku mo pasang perangkat elektronik musik yg cuma butuh 5 votl,kira2 cocok pa ndak ya untuk penggunaan IC ini????

gan mau tanya nie.... seumpama dari charger hp yng volt input 220 yang biasa dipakai dirmah. trus dipasangkan di aki sepeda gtu, gmn ya kira2.... hehehehe Maaf masih Awwwwwaaaaam baget,

buat ngisi batre HP cross bisa tapi buat ngisi batre E63 g bisa,buat ngisi xperia gambarnya ngisi tapi g nambah isinya??kok aneh ya??

Roni : Kalo untuk perangkat musik 5V kuat mas Bro...
Ali : kalo mo pake charger biasa gak bisa Gan,.. harus pake inverter ke Arus AC dlu, tapi toh ke nanti dibuat DC lagi ama chargernya...
Rudy : E63 tegangan batrenya brapa Gan? coba ditambah ELKO pada out 7805nya Gan..

ya mungkin di kasih penyearah deluu lebih bagus
tip 3055 sebagai penyetabil 7805
trus capasitor 48000mf/25volt untuk lebih amanya
sebelum arus masuk ke 7805 di hambat lagi dengan R juga lebih bagus.
biar hp lebih amam bisa di pakai berulang" dalam perjalanan jauh

Tips Bagus tuch Gan, terimakaih sarannya...

mantap nih buat di coba, ...

menurutsaya ini kurang efektif, tambahkan sekring dan elco sebagai pengaman agar baterai hp dan aki tidak cepat rusak

Betul itu Gan, terimakasih sarannya...

maaf gan, cuma mau nambahin aja ... menurut saya penggunaan Transistor jengkol setelah IC7805 gak ada gunanya karena menurut saya penggunaannya terbalik, apa gak sebaiknya di buatkan Rangkaian Driver pakai Transistor C945 / D400 trus dikasih Dioda Zener 9V1, output pasang Elco 100mF/16V, output (+) diseri Resistor 100 Ohm/1Watt, biar gak panas, karena ada penurunan dari 12V ke 9V, baru output (+) distabilkan IC7805 yg di pasang Elco 10mF/16V ... supaya output-nya lebih rata aja, ... mohon ralat-nya jika saya ada salah, thx.

Menurut saya
ditambahkan aja Kapasitor 22O nano dan 1OO nano
dijamin topcer

Thanks sarannya Gan Anonim & Gan Ragka,..
patut di coba...

Output dari 7805 sebaiknya ditambah lagi dioda penyearah dengan kode 1N.... supaya tegangannya lebih rendah dari 5V mendekati tegangan ideal 3,7V (tegangan battery hp). Dengan demikian maka aruspun menjadi lebih kecil dan tidak akan timbul panas. Sebaiknya pada waktu ngecas hp, motor dalam keadaan berhenti jadi tegangan pada aki stabil pada 12V dijamin aman.
Wong Sekayu pacak nian oey...

Klo mw pakai sekring masangnya di mn ya,di kabel positf atau negatif dan posisinya di mana?tolong penjelasannya masbro..

Ok Bro Wahyu Widodo, terimekasih sarannya...

pasang sekeringnya di kabel positif Bro halim Bustami,...

dari 12v masuk resistor baru masuk IC. kalo g bisa jebol nichh IC :)

Emang kalo emakaiannya lama bisa sangat panas Gan, mungkin ada bagusnya dimodif lagi. ditambar R mungkin bisa bermanfaat
terimakasih sarannya

Bro , mf wa ga bnyk tau ttg elektronik, (R) itu pa sih ?
Trus klo ic 7805 jebol gmna ? Yg tdi nya out 5volt bisa jdi 12 volt donk ,,!!! ,, sarannya yaa ,,,

Sayangkan hp rusak gara" experiment ,,,,heheee

Mas bro bisa minta rangkaiannya ga , ??? ,,,

klo pake trafo bisa gak mas arif? klo bisa pake yg CT apa yg biasa?

menurut saya ga perlu pake IC 78xx, cukup pake 1 Resitor saja secara seri dengan HP.

Kalkulasinya:
misal butuh arus untuk charge sekitar 200mA.
Tegangan Accuu 12 Volt
Tegangan Batere HP 4 Volt
selisih tegangan = 8 Volt.

maka R = V/I = 8/0,2 = 40 Ohm.
daya yg jadi panas di resistor = V*I = 8*0,2 = 1,6 watt.
jadi cukup Resistor sekitar 40 Ohm dengan daya 5 atau 10 watt.

bro ane rencana mau neliti charging hp tanpa kabel dengan prinsip bluetooth gitu kira2 bisa ga ya?

ass
gmna dgn ampernya gan?

menurut saya ga semua hp bisa, hanya hp,hp tertentu saja yg bisa!!!

ijin baca gan .... walau bingung...

maap mo nanya mas... kalua Aki motor kita ganti dengan 2 buah batry HP yang di rangkai seri, dan tanpa ditambah komponen IC 7805, jadi langsung untuk nge cas hp, bisa nggak gan??? maaf... ra mudeng aku kiye...

Bisa kayaknya, coba aj Gan. Secara teori listrik mengalir dari polaritas yang lebih tinggi ke yg lebih rendah

maaf sblmnya,,spertinya byk yg komentarnya lebay, prasaan frekuesi hp ga bisa bikin percikan api!!logikanya kalo frekuensi hp separah itu yang make hp pasti sudah kena radiasi parah jg!arus keluaran(output) 7805 ~ 5V maksimum 1 ampere(ga mslh pada hp),kalo mau agak dingin(anget) tambahin resistor antara 5-10ohm 1watt dioutputnya,logikanya kalau ngecas= hampir sperti short circuit,kalau arusnya dibatasi pengisian lbih lambat(krn ampere kecil) tp batrai lbih awet.untk btrai hp, ampere maxsimum quick charging=1A (aman)
yg mslh saat cas hp ditaruh dibawah jok dekat mesin bisa memicu ledakan dari baterai, batrai panas saat di cas,ditambah dengan temperatur mesin sekitar hp yg membuat hp tmbh panas.

btw saya sudah sering cas hp taruh di bagasi bawah jok motor beat dalam perjalanan 3jam lebih ga ad mslh. hp dibungkus kain biar gak lecet!
rekomendasi pake LM2575 -5.0, LM2576-5.0 atau LM338T

apa jadinya kalo pake 2 IC 7805 di pasang secara paralel??

maaf nanya aja nih... nih pasti aman kan? outputnya pasti 5V / 1A kan? gak kurang? pake aki 12V 7200mAh aman gak? soalnya dirumah punya akinya yg kayak gitu

Info:
IC 7805 type Out put tegangan Positif (+5v),sodara nya 7905 (-5v).
ada 2 varian kemasan yg ada di pasaran: TO-3 (versi jengkol) dan TO-xx(gue lupa...) nah TO-xx ini terbagi jadi 2 lagi: body plastix, & body logam (kaki tengah / back View).
body logam:Max arus output nya sktr 2amp. sdg body plastix di kisaran 1amp.tapi kalo TO-3 itu, bisa 5amp....!!!
perkara brp unit hp yg bisa di_charge scr barengan ??? silahkan bagi aje angka tsb tadi dgn angka yang ada di batt_hp ente masing masing !!!
Ex:
aki motor arus nye:5~7Amp/h. stlh lewat rangkaian:max.arus nye jadi 1 amper(body plastix), trus di konsumsi hp(a)...mAh + hp(b)...mAh,dst,...dst,...
smakin besar arus max ic di capai, maka smakin panas tuh ic nye.(dlm hal ini Smakin besar pula jumlah komulatif dr batt_hp-hp itu tadi.
itu sebab nye penambahan "Transistor Penguat" jadi alternatif rancangan nye.(wajib seh ngga'...tp kalo ade seh OK banget !!!)

kalau buat ngecas leptop gmna ?

kalo ngecharge BB gimana cara sambung kabelnya, tolong bantuannya..

ane udh but tpi gak pnuh2 btre a? knp y?

mantap banget,perlu di kembangkan.oy tambahin gambar komplitnya gan biar lebih mudah yang mau pke ilmu agan.thx

perlu di coba nih,,,trim gan infonya

kalau ic 7805 dibuat 2 atau 3 secara paralel gmn?jadi kan ic kerjanya tidak terlalu berat....apa ada yg udh coba?

Ada yang tau pin out pada ic empat kaki pada charger gak??? Minta gambarnya donk..

maaf gan.. itu saya dlu pernah buat. tapi bila kita hidupkan charger sambil bawa motor .. akinya tekor gan, menggangu suply ke cdi . akhirnya cdi rusak gan. apa perlu di tambahkan transistor lagi sebelum icnya?

wadaw battrenya cepat panas n cepat rusak

Yang komentar bilang aja kaga bisa bikin,,,,
Bisa di bilang Manusia yang di Ciptain kaga ada ProduktifNya,,,,,, Kaga Jauh Beda Ama MAYAT,,,,,

Jelas2 ini Kreatif Anak Bangsa,,,,,

Jangan Di dengerin MAs Bro,,,
Anggep Aja MAYAT.

ini bukan kreatif! cuma mencontek yg sudah ada! trlmbt bgt! yg ky gini udh taun ga enk dipake! tp udh ga berguna lg!!! ga efisien bgt! mayat ni brooo! nemuin kya ginian aja apanya yg musti dibanggain broo? aduh aduh.. biasa aja kale

Ini lebih aman gan
http://mech0r.com/?p=460

Buat blackbarry bsa ga ama samsung android

sssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt...............

klo misalnya sebelum masuk 7805 di kasih 2 dioda 1A di seri buat membatasi arus bisa gk mas sekaligus buat menurunkan tegangan sebelum masuk 7805

Pake inverter paling aman
Dc to Ac
Jadi cas nya juga dibawa
Mau laptop bb hp lampu emergency semua bisa
Cuma itu jadi gak kreatif tapi aman

maaf gan, ane cuma mau nambahin nih ... kalau cuma pake IC 7805 terlalu panas tuh IC karena nurunin tegangan dr 12Volt langsung ke 5Volt, kalau pake IC 7805 dulu baru Transistor 2N3055 gak ada gunanya, karena penggunaan Transistor sebenarnya hanya untuk Driver saja dan bukan sebagai Penguat, sebaiknya pakai TR yg kecil saja semisalnya 2SC828 atau 2SC945, kira - kira seperti ini merangkainya : ...

Basis lewat Resistor 100 ohm/1W dapat tegangan dr ACCU 12V, kopel dgn Resistor 1K ohm ke Colector kemudian Emitor sebagai Output di kopel ke Ground dgn Zener Dioda 9V1, gunanya Zener Dioda disini untuk mengunci tegangan dari 12V ke 9V, kemudian pd Output-nya tambah Elco 100mF/16Volt sebagai perata tegangan, baru Output-nya sambung ke kaki 1 IC 7805 sebagai Input, kaki 2 IC 7805 ke Ground dan kaki 3 IC 7805 sebagai Output ... atau kalau memang mau yg lbh simple bisa menggunakan IC 7809 sebagai penurun tegangan 12V ke 9V, kemudian IC 7805 sebagai regulator akhir agar tegangan stabil di 5V, jadi beban kerja IC 7805 tidak terlalu berat ... semoga bisa membantu,

mohon ralat dan masukannya gan bila ada kesalahan ...

trimaksih gan ilmux ini yang sy cari

ane pake charger mobil + dioda kaki 4 gan,langsung dihub ke aki - dan + lngsung top cer tnpa panas,tp kndalanya lm cas sm dng charger listrik 220 volt hehe...ane udh coba bro...

Poskan Komentar